Pengalaman Tes STP NHI Bandung


Assalamualaikum semuanya...

Alhamdullilah ada waktu buat nulis lagi di blog setelah sekian lama ku menghilang. Maklum lagi sibuk buat persiapan ini itu.

Kali ini gue bakal nge-share pengalaman gue ikut tes di STP NHI Bandung, kampus idaman insan pariwisata di Indonesia nih hehehe

Jadi awal mulanya gue yang sehabis tamat SMA ini gatau mau lanjut kemana pengen kerja aja yah tapi emang rejeki gue gak keterima -_- sedih sih kecewa pasti, gagal mulu tapi ku tak putus asa.

Awalnya gue gak pernah denger yang namanya STP NHI Bandung, selama gue sekolah ga pernah denger tuh kampus, ya ampun ketinggalan jaman banget gue hahaha bodo amat lah yah. Sampai di suatu malam yang gabut gatau sih lupa malem apa siang yah pokoknya gue lagi gabut aja sambil surfing di browser gue ketemulah dengan blog yang ternyata dia alumni STPB. Awal baca masih bodo amat, ga peduli gue lebih mentingin kontennya. Ehh beberapa bulan kemudian​ tiba-tiba keinginan tuk berkuliah muncul kembali setelah sempat ku kubur walau gak dalem2 amat. Yah setelah gue sempet hopeless mau ngapain karna gue gagal mulu. Bingung. Bingung mau dimana terus keinget lagi tentang blog alumni STPB itu gatau angin darimana tiba-tiba kepikiran. Gue buka lagi tuh blog dan baca-baca sekilas tentang STPB disana. Sampai akhirnya gue cari-cari tau lebih dalam tentang STPB dan BOOM...

Fix gue pengen kuliah disini keinginan itu muncul di bulan november 2017. Sempet nyesel kenapa gue gatau nih kampus dari masih sekolah yah, yaudah lanjut.

Alesan gue simpel kenapa pengen masuk sini, yang tadinya pengen masuk sastra kenapa berubah jadi hospitality itu karena menurut gue tesnya ga susah-susah amat karna ga ada fisika, kimia, dkk, gak ampe level dengan sbm lah pokoknya (orang sombong mohon jangan ditiru gengs). Ga itu doang sih gue emang pengen bekerja di dunia hospitality and yeah so this is the reason why I choose to study in here.

Okey sekian curcolnya lanjut ke tahapan tesnya. Pendaftaran di buka tanggal 6 februari 2018, gue langsung daftar tuh tanggal 7 tapi baru bisa bayar seleksi akhir maret wkwkwk. Dapet deh nomer urut 2179, gila yang daftar udah banyak amat yah. Yah ga sebanyak SBM juga sih. Lanjut deh tes seleksi dimulai dari tanggal 16-19 april 2018.

Karna dapet nomer urut di atas 2000 masuklah gue ke gelombang 2. Dan bisa di lihat kan jarak sehabis tes dan pengumuman gak jauh-jauh amat. Lumayanlah jadi ga harus galau lama lama. Sekitar 2 minggu sebelum tes gue sama sekali belum ada persiapan apa-apa. Gue juga bingung gimana caranya kating2 yang ceritain pengalamannya di blog mereka bisa dapet temen2 dari grup yang sama2 ikut seleksi. Grup apaan? What the hell!Grup dari mana, gimana caranya gue tau ada grup, gimana masuknya. Yah kira-kira gitulah pemikiran gue yang katro karna gue ga bisa masuk grup2 kayak gituan. Sampe-sampe gue cek di websitenya berkali-kali apa ada daftar nama peserta seleksi beserta id linenya sehingga mereka bisa buat grup. Tapi apa ini ga ada apa-apa. Terus gimana dong. Yah begitulah sekiranya pemikiran gue yang sangat bodoh ini hahaha, goblok banget emang gue. Lanjut pas lagi liat2 timeline line tiba-tiba aja gue ngeliat square. YA AMPUN. OH MY GOD. OHHH NO. Gue kan bisa liat grup dari square. Betapa bodohnya ku selama ini melupakan fitur canggih​ dari line ini. Hahaha lebay bodo amat lah ya namanya juga lagi cerita.

Yah singkat cerita gue bisa masuk grup camaba dari sana, bahkan masuk versi WA-nya juga. Dan sebelum gue ke bandung otomatis ku harus cari tempat buat stay disana selama semingguan dong. Hotel, mahal. Sayang aja gue mah takut ga keterima tapi udah ngeluarin duit banyak. Yaudah cari kosan aja yang bisa buat seminggu. Nemu dong di aplikasi mamikost. Thanks mamikost. Seminggu cuman 270k WOW banget murah bisa berdua dong. Yaudah deh gue bilang ke grup ada yang mau sekos ama gue. Alhamdullilah ada yang mau hehehe.
Gue kos seminggu itu di daerah gerlong girang, jalan kaki ke STPB sekitar 10 menitan kalau lewat gang2 kecil.


Minggu,15 April 2018. 
Penjelasan Pemeriksaan Kesehatan

Hari ini bukan jadwal seleksi tapi buat penjelasan medical checkup nanti tanggal 18 dan 19. Jadi nanti dibagi 2 kelompok gitu buat masuk ke dome. Ini hari pertama gue bener2 ngeliat yang namanya STPB. Rame banget. Yah iyalah kan pesertanya banyak 3000an lebih lah yah. Selesai jam 5 atau 4 gitu kita sholat dulu bentar disana abis itu temen kos gue ini punya kenalan kating gitu dan mereka mau ketemuan otomatis gue ikut dong karna gue pulang-pergi ama dia, lumayanlah yah gue dapet pencerahan dan tips2 yang cukup membantu, thanks kaka ku lupa namanya sapa wkwkwk. Gue? Boro-boro kenalan kating, temen se-seleksi aja gue cuman kenal dia wkwkw. Heran juga sama yang pada dateng bergerombolan, mereka bisa secepat itu akrabnya. Hahah yahh mungkin gue yang bedon kali yah ansos bet, kalo gada temen kos gue itu mungkin gue udah kaya orang linglung sendiri aja disana, cengo. Thanks kiky temen kos ku selama seminggu.


Senin, 16 April 2018
Psikotes

Hari pertama tes nih, biasa aja gue gak begitu deg2an udah dapet pencerahan kemaren wkwkwk. Dan yah gue masih ngandalin jurus belajar kilat malem sebelum tes. Jangan ditiru please, y'all have to prepare for the test better than me. Yang gue pelajarin cuman tes koran dan wartegg sisanya gue nonton drama korea hahaha.

Tips buat psikotes:

- Teliti it's a must!
- Fokus guys dengerin perintahnya bener-bener
- Kerjain soal as fast as you can but don't be careless stay focus and make sure all your ans is correctly
- Jangan nengok ke samping kanan kiri depan belakang lu karna mungkin lu bakal ngerasa down saat ngeliat temen samping lu ngerjain soal2 udh banyak sedangkan lu ga sebanyak mereka
- No matter how much you answer the test as you sure your answer is correctly

Jadi nanti bakal dikasih beberapa secsion. Ada hitung-hitungan, proyeksi rangka terus di jadiin bangun ruang, sebab-akibat, soal cerita, soal kepribadian, tes wartegg, draw a man.

Dan setiap secsion dikasih waktu mungkin 3 menitan doang sama pengawas yang bawa stop watch. Oh ya soalnya ga begitu susah ga sesusah TPA tapi hitungan2nya makin lama makin susah jadi kerjain cepet dan BENER. Seriusan deh gue ngerjain hitungan2an, sebab akibat, proyeksi ruang itu ga ada setengah dari seluruh soalnya, dikit bgt dibanding yang lain but I make sure that I answered correctly.


Selasa, 17 April 2018
Bahasa Inggris

Hari kedua nih, hari yang lumayan bikin deg2an karena hari ini adalah jadwal untuk tes bahasa inggris. Ahhhh grammar inggris gue masih payah banget dah, sedangkan ada banyak banget materi grammar yang belum gue pelajari. Lagi dan lagi sistem belajar kilat semalem pun gue tempuh hahahaha. 

Materi yang gue pelajari kira-kira itu some, few, a few, much, many, lot, a lot, conjunction, concord, if clause, noun clause, adjective clause, passive voice, adverb, participle, question tag, direct-indirect speech, causative, tenses.

Yah gue gak pelajari itu semua dalam semalem juga sih, karna beberapa bulan sebelumnya gue udh pelajari gatau kerasukan apa nih anak belajar grammar. Cuman malem sebelum tes lebih gue mantepin lagi hahaha. Dan semuanya itu keluar loh, ditambah lagi ada beberapa idioms, kalimat rumpang, inversion, reading. Yah hampir sama kayak UN tapi agak lebih susah dikit, dikit doang loh menurut gue inimah.

Tipsnya sih pelajari banyak-banyak tentang grammar dan tenses yah, jangan telat juga, makan dulu sebelum tes.


Rabu, 18 April 2018
Pemeriksaan Kesehatan

Alhamdullilah ada waktu relax karna hari ini jadwalnya pemeriksaan kesehatan doang. Sebenernya buat pemeriksaan ini ga begitu lama yah, karna yang bikin lama itu waktu tes radiologinya. Beuhh ngantrinya rame banget. Tapi alhamdulillah untungnya gue udah radiologi duluan kemarennya. Jadi gue dateng duluan tuh kemaren soalnya ada beberapa kelompok yang radiologi dulu, tapi gue gamasuk. Karna kebetulan lagi kosong akhirnya gue bisa masuk juga. Padahal jadwal gue besok. Beuhh ga kebayang dah kalo gue ikut radiologi besok, bisa ampe sore gue selesai hahaha.

Buat radiologi nanti kita bakal suruh ganti baju jd kimono gitu, baru abis itu badan kita di rontgen gitu. Setelah radiologi selesai lanjut deh buat hari ini, medical check up. Ada pemeriksaan fisik, mata, alat vital, cek urine, dan apalagi yah gue lupa. Abis itu balik deh. Alhamdullilah gue balik cepet.


Kamis, 19 April 2018
Wawancara

Ini adalah hari yang paling ditakutin semua peserta, bcause this day we have to take the last test that is INTERVIEW.
Whoaaa. Sebenernya ga harus ditakutin sih, asal udah prepare yang matang. Karna tes kali ini kita akan berhadapan langsung dengan dosennya dan mungkin banyak yang mengira tes kali ini cukup banyak untuk menentukan faktor kelulusan makanya banyak yang takut sama tes ini hehehe. Padahal nih yah menurut gue tes lainnya juga cukup mempengaruhi faktor kelulusan loh. Tes interviewnya macem interview kerja beneran deh. Pake kemeja, rok hitam, blazer, pantofel, rambutnya harus rapi, make up on point cucok meong pokoknya.

Di tes kali ini kalian bakal ditanyain tentang pengetahuan umum kalian terutama tentang pariwisata dan mungkin juga bakal ditanyain juga tentang jurusan yang kalian ambil. Kayak misalnya kalian ambil administrasi perhotelan yah mungkin bakalan ditanyain tentang struktur hotel atau kalian yang mau ambil kitchen yah bakal ditanya seputaran kitchen. Dan ini bener-bener randomly loh. Kayak gue yang udah hapalin tentang sapta wacana, 10 bali baru, bandara, 7 keajaiban dunia, pariwisata Indonesia, dunia, pariwisata bandung, makanan khas daerah asal, makanan khas Indonesia,makanan khas bandung, makna logo wonderful indonesia, hotel chain dan banyak lagi. Tapi tak tahunya itu semua gak ditanyain T_T Bagus sih hehehe.

Jadi yah dosen yang interview gue itu lebih nanyain tentang kehidupan gue yang setahun ini ngapain aja(mungkin karna gue gap year makanya ditanyain gini), terus karna gue ada ngambil perhotelan yah ditanya pernah nginep di hotel gak terus kalo pernah gimana cara mereka nyambut kita, hotel apa namanya. Yah gue jawab jujur aja pernah waktu kecil tapi lupa yah akhirnya dosennya bilang yaudah kalo masih kecil berati anggap aja belum pernah. Syukurlah gue terselamatkan wkwkwk. Terus juga disuruh rekomendasiin pariwisata di Indonesia. Dan ini gue jawabnya absurd banget like gue rekomendasiin labuan bajo pas ditanya dimana gue jawab di sulawesi. Maapkan aku dengan kebodohanku ini guys. Dan abis itu giliran bahasa inggris nih waduhh udah mulai panik nih yang awalnya berjalan santai wkwkwk.

Di bagian bahasa inggris ini yah alhamdullilah gue jawab lancar lancar aja bodo amatlah yah mau grammar gue acak kadut dengan vocabulary seadanya yang penting dosennya ngerti. Mesti tiap dikasih pertanyaan gue selalu bilang "pardon sir" supaya diulang dan Alhamdulillah diulangin lagi jadi lebih lambat wkwkwk. Jadi ini juga salah satu tips yah guys kalo kurang ngerti dosennya ngomong apa mending minta ulang lagi daripada pura pura ngerti tapi jawabnya asal2an. Aduh udah deh kelar dah penilaian kalian buat kemampuan bahasa inggrisnya. Jangan lupa ketuk pintu dulu sebelum masuk dan duduk saat dipersilahkan duduk. Senyum selalu meski aslinya keringet dingin hehehe.

Tips lain buat interview ini adalah perhatikan attitude kalian, percuma sepintar apa pengetahuan kalian, sejago apa bahasa inggrisnya kalau atitude kalian jelek yah udah bye aja deh. Selain itu sopan santun juga diperhatikan selalu senyum ke setiap dosen yang lewat dan bahkan satpam pun juga. Karna di kampus ini ramah tamah itu penting banget yah. Karna kita bakal kerja dalam bidang pariwisata masa iya kita masang muka judes ke tourist yang datang, gak mungkin kan yah. Jangan lupa ketuk pintu dulu sebelum masuk dan duduk saat dipersilahkan duduk. Senyum selalu meski aslinya keringet dingin hehehe.


Akhirnya selesai juga tesnya tinggal nunggu pengumuman nih duh asli inimah gue 2 kali lebih dag dig dug nunggu pengumuman dibanding yang lain. Karna ini satu satunya harapan gue buat kuliah. Gue gak ikut sbmptn atau mandiri dan pasti gabakal boleh ikut gelombang kedua kalo sampe gagal . This is my only chance lah gitu istilahnya wkwkwk. Kalo gue gagal nih yaudah gue bakal di suruh kerja aja paling kerja sambil kuliah ujung2nya tempat kuliahnya juga paling swasta yang murah. Duh tak mau aku tuh, ya Allah aku ingin lolos. Gue juga udah nyiapin mau kerja dimana kalau gak lolos mulai dari spg sampe jadi mbak2 petugas bioskop. Udah prepare walau setengah hati karna pengen banget kuliah disana. Dan untuk mengobati rasa cemas ini yah gue mah pede aja bakal lolos wkwkwk udah ngelist calon kosan disana asli inimah pede banget yah hahaha. Terus juga udah ngebayangin kamar kostnya kayak gimana, bakal beli apa aja di IKEA wkwkwk. Mikirin yang seneng2 aja dulu lah, dan yah gue juga tau kok kuliah itu tak mudah. Gapapa yah guys menghibur diri sendiri itu ga dosa kan.


1 Mei 2018
Pengumuman

Pukul 00.00 WIB, udah mantengin nih website PMB STP Bandung dan ternyata down sampe jam 1 masih juga, jam 3 juga masih yaudah tidur. Bangun nih jam 8 masih error juga tuh website. Padahal semalem udah ada yang bisa buka dan dia lolos. Ahhh tidur gak tenang pokoknya waktu itu. Tiap 5 menit ada kali buka tuh website masih juga down.

Dan akhirnya jam 12 bisa tuh kebuka tepat setelah gue boker dulu. Dan pas mau login eh error lagi si alan emang. Hingga tibalah akhirnya penantian ini akan berakhir. Jam 12.46 ku buka website itu,, alhamdullilah kebuka, ku masukan nomer peserta dan password dan aahhh bisa loading juga. Inilah titik paling deg2an dihidupku wkwk dannnnnn tadaaa aku melihat hijau-hijau. Alhamdullilah bersyukur banget gue, ga nyangka gitu. Allah selalu baik sama gue padahal gue masih sering bikin dosa. Bersyukur banget pokoknya dah.


Okedeh sekian dulu ceritanya karna ini juga udah kebanyakan kayaknya hehehe. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua yang pengen masuk ke STP NHI Bandung.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Komentar

  1. asli bacanya ikut degdegan, tahun ini aku mau ikut tes disana juga, doain semoga aku lolos ya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, seneng banget ngeliat komentar ada yang mau daftar juga, semoga kita bisa lolos bareng ya tahun ini, aamiin :)

      Hapus
  2. Kakak pernah les inggris gk kak?

    BalasHapus
  3. SAD KAK saya ikutan Sbm Smm gak lolos padahalcuma tes online dan psikotes doang tapi saya tetep gak masuk :(. Kayaknya emang di tahun ini psikotes harus perfect soalnya itu salah satu syarat lulus tahap 1. Btw dulu gak ada tahap 1,2 ya? Langsung ke interview sama tes kesehatan

    BalasHapus

Posting Komentar

kritik anda membangun saya, thanks :*

Postingan populer dari blog ini

Review : Maybelline Mascara The Hypercurl Volum' Express

Pengalaman Walk-in Interview Pramugari Garuda Indonesia 2017