Pengalaman Walk-in Interview Pramugari Garuda Indonesia 2017

Assalamualaikum guys....
It was a long day since a latest review post. Jadi sebenarnya ada banyak banget makeup yang pengen gue review tapi sesuai judulnya, kali ini gue bakal ceritain pengalaman gue ikut Walk-in Interview Pramugari Garuda Indonesia dulu. Insya Allah segera gue bakal review lagi. And here we go!

Setelah penantian panjang gue menunggu ulang tahun ke 18 setelah lulus SMA, alhamdullilah tepat tanggal 30 Oktober 2017 gue masih dikasih kesehatan sama Allah SWT buat bisa hidup sehat sampai 18 tahun ini. Gue yang emang dari lulus pengen ikut rekruitment FA udah exited bangetkan tuh buat cepet-cepet daftar online recruitment FA di GA. Dan tepat hari Rabu, 1 November gue daftar online di http://training.garuda-indonesia.com alhamdullilah 2 hari kemudian  gue dapet balasan email dimana gue diundang datang ke seleksi tanggal 7 November di GCC. 4 hari sebelum recruitment day! Senang, exited, takut semua campur aduk pas gue baca email itu. Gimana enggak coba, dokumen masih ada yang belum siap, gue masih over weight 1 kilo, muka lagi jerawatan, dan itu jumat sore which is kantor polisi buat ngurus SKCK udah tutup dan Sabtu-Minggu libur yang mana persiapan gue super mepet di hari Senin aja. Dengan segala kekuatan bulan hahaha gak deng, kekuatan doalah gue bisa menyelesaikan semuanya di hari Senin. Mulai dari CV, SKCK, ngurus perpanjangan resi KTP (Iyah damn u corrupter! udah setahun buat dan belum jadi juga), beli alat makeup hehe, dan alhamdullilah juga berat gue turun 1 kilo sehari sebelum recruitment day.

Selasa, 7 November 2017 datang juga. Selesai mandi dan makeup sederhana ala gue sendiri sudah siap. Baju putih lengan pendek, rok hitam selutut, pantofel heels hitam sudah siap dan my mum yang hari itu juga meliburkan diri untuk mengantarkan anaknya ini ke GCC juga sudah siap. Kita berangkat jam 8 pagi molor sejam dari rencana semalem hahaha, gue udah takut karena bakal ngantri panjang kalau datang ngepas jam 9. Sampe sana jam 9 kurang 15 menit langsung masuk deh ke resepsionis dan diminta KTP-nya, gue sebagai korban korupsi e-KTP kebingungan dong karena gue cuman bawa FC resi KTP 1 doang. Setelah bujuk mba-nya gue bisa masuk juga dengan ngasih ijazah asli gue sebagai jaminan.

Masuklah gue ke ruang auditorium dimana yang dateng cuman 20-an orang aja, agak kaget sih gue kira udah telat ternyata masih nunggu jam 9 pas dulu. Nunggu 10 menitan, akhirnya 1 persatu disuruh maju buat diliat dokumen dan dipasangin name tag atau yang belum registrasi online registrasi dulu. Gue duduk paling belakang urutan 20, akhirnya gue maju juga dan gak nunggu lama. Gue kasih dokumen gue ke bapak-bapak dan ditanyain juga udah pernah ikut recruitment atau belum, gue jawab belum. Setelah itu lepas high heels dan di ukur BB/TB. Di tahap ini banyak yang gugur mulai dari over weight sampe kurang tingginya. Alhamdullilah gue lulus dengan tinggi 163 cm dan berat 55 kg  ngepas banget dari berat badan maksimal dari tinggi gue hahaha. Sebenernya tinggi gue 165 cm dikurangin 2 cm, gue gak kaget sih karena baca-baca juga kaya gitu.
 
Lanjutkan gue buat tes penampilan masuk ke dalam ruangan udah ada 3 users yang bakal ngetes kita. Gue duduk dulu tuh buat nunggu giliran sambil ngobrol-ngobrol sama yang lain, ada yang udah selesai dan ternyata gak lolos ke tahap selanjutnya. Gue makin deg-degan takut gak lolos, dan sambil nunggu gue sambil inget-inget introduce sama motivasi gue pake bahasa inggris. Giliran gue tiba, gue dapet user bapak-bapak umurnya sekitar 40-50 tahunan. Tanpa banyak cing cong dia langsung suruh gue perkenalan, mampus, gue agak grogi dan gue gomong kalimat haram 'ehhh' gue yang udah persiapin introduce inggris jadi agak kagok karena gue jadi harus introduce pake bahasa indo. Abis itu ditanyain motivasi jadi pramugari. Dia ngomong pake bahasa indo dan gak nyuruh gue pake bahasa inggris beda sama user lain yang emang suruh pake bahasa inggris, karena gue abis baca dari blog pramugari GA kalau user ngomong indo kita jawab indo dan itu jadi boomerang buat gue yang mana jadi nervous. So prepare your introduce and motivation better yah guys. Setelah itu disuruh jalan bolak-balik pake heels dan copot heels, di suruh liatin telinga, hadap kanan kiri depan belakang. 

User gue gak banyak omong, dia ngomong seperlunya jadi gue agak bingung kapan harus balik lagi atau ngapain lagi. Terakhir gue dikasih amplop dan disuruh nunggu buat ke bagian administrasi, dan pas bagian gue, adminnya bilang kalau gue gak lulus dan disuruh datang lagi hari Sabtu di GITC which is itu besok saat gue nulis post ini. Sedih sih tapi gue ga terlalu nyesek, karena gue masih bisa coba lagi. My mum kecewa banget waktu gue gak lolos apalagi waktu gue bilang kalau gue introduce pake bahasa indo, katanya gue dibilangin ngeyel hahah.

Saat gue ikut recruitment gue dapet banyak temen-temen FA wannabe, dan saling minta nomer WA. Karena hp gue yang lama rusak dan gue baru ganti kemaren jadi otomatis WA gue kehapus juga, sedih juga jadi gabisa chattan sama yang wannabes lain. Dan yah siang setelah gue pulang dari GCC gue langsung daftar lagi dan hasilnya gue dapet email penolakan, sumpah nyesek pas dapet email ini. Gue gatau kenapa bisa ditolak udah gak mood lagi pokoknya. Gue rencana gak dateng besok ke GITC walaupun kita bisa datang tanpa daftar online tapi gue yang abis gagal gak pengen kejadian lagi jadi gue bakal persiapin diri lebih baik lagi. Jadi gue bakal dateng tanggal 25 November, doain saja semoga tanggal 25 nanti gue dapet hasil yang lebih baik.

Umur gue masih muda, gue masih bisa kuliah dulu tahun depan atau ikut tes-tes di airlines lain. Yang pasti gue atau kita semua gak boleh nyerah buat dapetin cita-cita kita. Rintangan pasti ada dan kegagalan adalah bagian dari keberhasilan kita. Allah SWT menguji hambanya dengan kepedihan tapi percayalah akan mimpi kita karena kalau kita yakin sama mimpi kita alam semesta bakal berkontribusi buat mimpi kita jadi nyata.

Komentar

  1. Aku gaada prestasi apa pun di skolah, apa bakalan bisa jdi pramugari???

    BalasHapus
  2. Ka saya mau nanya langsung, mungkin ada kontak yang bisa di hubungin hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

kritik anda membangun saya, thanks :*

Postingan populer dari blog ini

Review : Maybelline Mascara The Hypercurl Volum' Express

Pengalaman Tes STP NHI Bandung